Langsung ke konten utama

Sholat Nisfu Sya’ban



Sholat Nisfu Sya’ban
( Dilaksanakan bertepatan pada Hari Kamis, 11 Mai 2017. Bada Maghrib )
( Waktu pelaksanaannya : Masuk waktu Maghrib : Sholat Qobliyyah Maghrib, Sholat Fardlu Maghrib, Dzikir Jahar, Badiyyah Maghrib lalu Sholat Nisfu Sya’ban. Masuk waktu Isya : Sholat Qobliyyah Isya, Sholat Fardlu Isya, Badiyyah Isya, Dzikir Jahar lalu melanjutkan Sholat Nisfu Sya’ban hingga sempurna seratus Roka’at )



Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa setiap Malam Nisfu bulan Sya'ban para Ikhwan Thoriiqoh Qoodiriyyah Naqsyabandiyyah PP Suryalaya melaksanakan( amaliyah Ibadah ) Sholat Sunnat Nisfu Sya'ban Seratus Roka’at.

Hal tersebut berdasarkan keterangan dari Hadits Nabi Sholallohu ‘alaihi wa sallam. yang terdapat dalam kitab al-Ghoniyyah litthoolibi thoriqil haq lisyaikhi 'abdil qoodiiril jailanil hasani (Dari kitab Ghoniyyah bagi orang-orang yang mencari jalan Alloh yang haq, karangan Syekh Abdul Qodir Jailani keturunan Hasan bin 'Ali) halaman 192 :
Artinya : Fasal ini menerangkan tentang sholat yang berlaku pada malam Nisfu Sya'ban. Adapun sholat yang dilaksanakan pada malam Nisfu Sya'ban adalah 100 rokaat dengan 1000 kali membaca Qul huwalloohu ahad. Pada setiap rokaat setelah membaca Fatihah kemudian membaca Qul Huwalloohu ahad 10 kali. Dan sholat semacam ini disebut sholaatul Khoiir, bermacam-macam keberkahannya. Ulama salaf yang sholeh selalu berkumpul untuk melaksanakan sholat ini (sholat Nisfu Sya'ban) serta dilaksanakan dengan cara berjamaah. Di dalam shalat sunat nisfu ini terdapat keutamaan yang banyak dan pahala yang berlipat ganda.
Diriwayatkan dari Al-Hasan Al Bashri Rohimahullooh, sesungguhnya ia berkata : telah memberitakan kepadaku 30 orang Sahabat-sahabat Rosulullah Saw. "Sesungguhnya siapa-siapa yang mengerjakan sholat pada malam ini yakni (malam Nisfu Sya'ban), maka Alloh memberi kepadanya 70 kali penglihatan dan Alloh memberi kepadanya pada setiap penglihatan 70 kebutuhan, pemberian yang paling rendah adalah ampunan Alloh Swt.

Sayyid Muhammad Haqqi an-Nazili Ra, yang juga  pensyarah  Kitab Khozinatul Asror menerangkan tentang kaifiyat (tata cara) Sholat Nisfu Sya’ban, berdasarkan hadits dari Ibnu Abbas Ra yaitu :  “Pada malam pertengahan bulan Sya’ban sholat 100 roka’at, di setiap satu roka’at membaca Al-fatihah sekali, Surat al-Ikhlas sepuluh kali, tiap dua roka’at satu salam dan dilaksanakan secara berjama’ah”.

Sholat Nisfu Sya’ban di sebut juga dengan sholat  NIsfu adits lain :aan AllaLailatul Baro’ah atau di sebut Juga dengan Sholat  Al-Khoir.
Adapun pelaksanaan sholat Nishfu Sya’ban, dimulai setelah ba’da maghrib.
Banyaknya : 100 roka’at 50 salam.
Bacaan surat pada setiap roka’at setelah fatihah : Surat Al Ikhlas 10 kali.
Lafazd Niatnya
:
اُصَلِّى سُنَّةً نِصْفِ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالٰى
Usholli Sunnatan Nishfi Sya’ban Rok’ataini Lillahi Ta’ala.
Sebaiknya dilaksanakan secara berjama’ah, selamat mengamalkan, mudah-mudahan amal kita semua mendapat ridho dari Alloh Sunhanahu wa ta’ala. Dan mudah-mudahan kita semua bertambah giat dan kuat Ibadah. Mudah-mudahan kita dapat selalu mengamalkan, mengamankan serta melestarikan ajaran Thoriqoh Qoodiriyyah Naqsyabandiyyah PP Suryalaya.
000

000
ALHIJAZdepokbersemi165
Media Informasi & Dakwah Para Pecinta Kesucian Jiwa.
Ikhwan Depok.
Thoriiqoh Qoodiriyyah Naqsyabandiyyah PP Suryalaya Membangun Peradaban Dunia
E-mail : depokbersemi165@gmail.com  - Info manaqib kota depok : Tlp /Sms/Wa   (Rauf) 0812 888 166 90
Agenda Kegiatan dan Jadwal Manaqib di Kota Depok dan sekitarnya  :

https://depokbersemi165.blogspot.co.id/2015/05/agenda-kegiatan-depokbersemi165.html
https://alhijazdepokbersemi165.wordpress.com/info-manaqib-depok/
Sukai halaman di Facebook DepokBersemi165 :
https://www.facebook.com/AlHijaz-DepokBersemi165-952350131454919
Ikuti Twiter depokbersemi165 :
https://twitter.com/depokbersemi165
Pasang Aplikasi Android Depok Bersemi 165 :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andromo.dev456699.app444796

Komentar

  1. jadi tambah wawasan dan ilmu nii :)
    http://obatgondok.toko-gumilar.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Robithoh

Robithoh Robithoh, dapat diartikan hubungan antara yang menghubungi dari yang dihubungi. Seperti hubungan :  antara anak dengan orang tuanya. Antara guru dengan muridnya. Antara mahasiswa dengan dosennya. Antara menantu dengan mertuanya. Antara pedagang eceran dengan agen besarnya. Antara santri dengan kiayinya. Antara saudara dengan saudaranya. Antara teman dengan temannya. Antara rakyat dengan pemimpinnya. Antara bawahan dengan atasannya. Antara upline dengan downline-nya. Antara kita ummat dengan Nabinya. Antara kita hamba dengan Alloh Subhanahu wa ta’ala . Adapun hubungan itu, ada hubungan langsung juga ada hubungan tidak langsung. Adapun Robithoh wajib itu, seperti ummat Islam melaksanakan sholat dengan menghadap kiblat. Kiblat itu penghubung antara orang yang Sholat dengan Alloh Subhanahu Wa Ta’ala. Kalau tidak menghadap Kiblat, maka sholatnya tidak akan syah. Jadi untuk melakukan yang wajib maka wajib dengan Robithoh tersebut ( menghadap kilat ) . Itulah Sya

Tidak Ada Yang Kebetulan

DI DUNIA INI TIDAK ADA YANG KEBETULAN === Firman Alloh Subhanahu Wa Ta’ala : “ Dan pada Alloh-lah kunci-kunci semua yang ghoib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata ( Lauh Mahfudz )" ( Surat Al-An'am : 59 ). Tiada sesuatu yang kebetulan. Karena Alloh telah menegaskan bahwa tidak ada satu pun yang terlepas dari kudrot, irodat, dan ilmu Alloh. Segalanya yang terjadi bahkan yang akan terjadi telah tercatat di lauh mahfudz. Ayat tsb diatas menegaskan bahwa segalanya ada dibawah kehendak & ilmu Alloh, Dan semuanya sudah tercatat di lauh mahfudz. Sering kita mendengar percakapan sehari-hari yang mengatakan, “ Kebetulan ketemu disini ”, “ Kebetulan ada yang memberi”, “K ebetulan sekali h

Pentingnya Berwasilah

Pentingnya Berwasilah Oleh : Renandhi Wira Fitra, S.H.I. Ikhwan TQN PPS dari Kota Depok. Setiap diri yang memiliki niat dan cita cita untuk sampai(Wushul) kepada Alloh sudah PASTI akan membutuhkan WASILAH ( perantara). Hal ini sebagaimana firman Alloh Swt : “ Hai orang orang yang beriman bertaqwalah kamu kepada Alloh dan carilah wasilah dalam mencapai ketaqwaan itu ....” ( QS. Al-Maidah : 35 ) Dalam ayat tersebut kalimat wabtaghu menggunakan fi’il amar/kata perintah yang menandakan khitab /seruan bagi orang beriman bahwa mencari wasilah itu adalah kewajiban...kenapa wajib ? karena memang manusia membutuhkannya..! Jadi dengan adanya wasilah bagi setiap hamba itu adalah mutlaq suatu KEBUTUHAN, selain berdasarkan dari dalil ayat tersebut juga berdasarkan kepada tabiat manusia yang selalu membutuhkan bantuan dalam medapatkan sesuatu, sehingga menolak adanya wasilah maka itu bertentangan dengan Hukum Alloh dan fitrah manusia itu sendiri. Wasilah adalah perantara yang